PPKn Sekolah Menengah Atas 1. Apakah landasan konstitusional dalam hidup bekerjasama di masyarakat?
2. Manusia adalah makhluk monodualis artinya?
3. Kerjasama sering juga disebut dengan istilah?
4. Bentuk kerjasama yang sering dijumpai dalam masyarakat yang bentuknya
sederhana?
5. Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk menyelesaikan proyek tertentu?
6. Bentuk kerjasama yang terjadi dalam kelompok yang terdapat diluar lingkungan keluarga?
7. Faktor pendorong kerjasama yaitu motivasi yang bersumber dari keinginan seseorang untuk menolong pihak lain kerena panggilan hati. Hal ini dikenal dengan istilah?
8. Terdapat suatu pepatah/ peribahasa yang berhubungan dengan kerjasama yaitu "berat sama dipikul ....." silahkan dilengkapi titik-titik berikut!
9. Sebutkan 3 (tiga) prinsip-prinsip dalam kerjasama!
10. Jelaskan dan masing-masing berikan 1 (satu) contoh bentuk-bentuk kerjasama menurut Soerjono Soekanto!
11. Jelaskan 4 (empat) faktor yang mendorong terjadinya kerjasama!
12. Jelaskan 4 (empat) faktor yang mendorong terjadinya kerjasama!
13. Bacalah dengan teliti cerita pendek tentang kerjasama di lingkungan sekolah berikut ini!

Pada hari Senin, aku dan teman-temanku melaksanakan kerja bakti di lingkungan sekolah. Kami melakukan kerja bakti ini bersama dengan guru dan karyawan sekolah.
Aku dan teman-teman bergotong royong membersihkan lingkungan kelas. Mulai dari menyapu lantai hingga membersihkan debu yang menempel di pintu, meja, dan kursi.
Setelah selesai membersihkan lingkungan kelas, aku dan teman-teman membersihkan halaman dan lapangan sekolah yang penuh dengan daun kering. Kami menyapu dan mengumpulkan sampah daun kering menjadi satu.
Kami juga membantu guru membersihkan parit atau selokan di lingkungan sekitar sekolah. Agar saat musim hujan tiba, air di selokan tidak banjir dan tidak menjadi sarang penyakit.
Aku sangat senang melakukan kerja bakti bersama teman, guru, dan karyawan. Walaupun terasa melelahkan, tetapi lingkungan sekolah menjadi bersih dan sangat nyaman. Jadi, aku semakin semangat belajar dan berjanji akan merawat kebersihan lingkungan sekolah.

Berdasarkan cerita tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini
1. Berdasarkan bentuk kerjasama yang terjadi dilingkungan sekolah, termasuk ke dalam bentuk kerjasama apakah kegiatan tersebut? Jelaskan jawaban kalian!
2. Faktor-faktor apa sajakah yang mendorong terjadinya kerjasama tersebut?
3. Manfaat apakah yang dapat dirasakan oleh siswa, guru maupun karyawan sekolah dengan kegiatan kerjasama tersebut? jelaskan masing-masing manfaat tersebut!
4. Hal apakah yang menginspirasi kalian untuk melakukan hal yang kurang lebih sama?

1. Apakah landasan konstitusional dalam hidup bekerjasama di masyarakat?
2. Manusia adalah makhluk monodualis artinya?
3. Kerjasama sering juga disebut dengan istilah?
4. Bentuk kerjasama yang sering dijumpai dalam masyarakat yang bentuknya
sederhana?
5. Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk menyelesaikan proyek tertentu?
6. Bentuk kerjasama yang terjadi dalam kelompok yang terdapat diluar lingkungan keluarga?
7. Faktor pendorong kerjasama yaitu motivasi yang bersumber dari keinginan seseorang untuk menolong pihak lain kerena panggilan hati. Hal ini dikenal dengan istilah?
8. Terdapat suatu pepatah/ peribahasa yang berhubungan dengan kerjasama yaitu "berat sama dipikul ....." silahkan dilengkapi titik-titik berikut!
9. Sebutkan 3 (tiga) prinsip-prinsip dalam kerjasama!
10. Jelaskan dan masing-masing berikan 1 (satu) contoh bentuk-bentuk kerjasama menurut Soerjono Soekanto!
11. Jelaskan 4 (empat) faktor yang mendorong terjadinya kerjasama!
12. Jelaskan 4 (empat) faktor yang mendorong terjadinya kerjasama!
13. Bacalah dengan teliti cerita pendek tentang kerjasama di lingkungan sekolah berikut ini!

Pada hari Senin, aku dan teman-temanku melaksanakan kerja bakti di lingkungan sekolah. Kami melakukan kerja bakti ini bersama dengan guru dan karyawan sekolah.
Aku dan teman-teman bergotong royong membersihkan lingkungan kelas. Mulai dari menyapu lantai hingga membersihkan debu yang menempel di pintu, meja, dan kursi.
Setelah selesai membersihkan lingkungan kelas, aku dan teman-teman membersihkan halaman dan lapangan sekolah yang penuh dengan daun kering. Kami menyapu dan mengumpulkan sampah daun kering menjadi satu.
Kami juga membantu guru membersihkan parit atau selokan di lingkungan sekitar sekolah. Agar saat musim hujan tiba, air di selokan tidak banjir dan tidak menjadi sarang penyakit.
Aku sangat senang melakukan kerja bakti bersama teman, guru, dan karyawan. Walaupun terasa melelahkan, tetapi lingkungan sekolah menjadi bersih dan sangat nyaman. Jadi, aku semakin semangat belajar dan berjanji akan merawat kebersihan lingkungan sekolah.

Berdasarkan cerita tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini
1. Berdasarkan bentuk kerjasama yang terjadi dilingkungan sekolah, termasuk ke dalam bentuk kerjasama apakah kegiatan tersebut? Jelaskan jawaban kalian!
2. Faktor-faktor apa sajakah yang mendorong terjadinya kerjasama tersebut?
3. Manfaat apakah yang dapat dirasakan oleh siswa, guru maupun karyawan sekolah dengan kegiatan kerjasama tersebut? jelaskan masing-masing manfaat tersebut!
4. Hal apakah yang menginspirasi kalian untuk melakukan hal yang kurang lebih sama?

Jawaban:

Cari Di Google Dulu baru Jawab ya

Penjelasan:

Semoga bermanfaat

[answer.2.content]